Bahan Alami Pembersih Rumah Anda

Berbagai macam produk pembersih perabotan rumah tersedia di pasaran dan dapat dengan mudah Anda dapatkan. Namun hampir semua produk pembersih mengandung bahan kimia yang dapat merusak lingkungan. Terlebih lagi cairan-cairan tersebut juga kurang baik untuk kesehatan keluarga Anda.

Untuk mencegah dampak dari bahan kimia tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bahan alami sebagai pembersih perabotan Anda. Bahan-bahan yang Anda butuhkan tidaklah sulit untuk ditemukan. Selain lebih aman, pembersih dari bahan-bahan alami ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda lho.

Teh
Bahan alami yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada besi. Caranya? Anda cukup seduh teh dalam air panas, jumlah kantong teh dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, rendam peralatan yang berkarat selama beberapa jam. Masukan kain bersih ke dalam teh, peras, dan gunakanlah untuk membersihkan noda karat. Terakhir, keringkanlah dengan kain kering.

Lemon dan Garam
Peralatan dapur Anda kotor dan menghitam? Cobalah untuk mencampurkan perasan jeruk lemon dengan garam. Gosokkan pada permukaan panci atau wajan yang kotor, perlahan noda-noda tersebut akan mulai menghilang. Selain berguna untuk membersihkan peralatan dapur, air perasan lemon juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan microwave, kompor, dan wastafel Anda. Cukup semprotkan cairan tersebut dan bersihkan dengan kain.

Baca juga: Tips Mempercantik Dapur Tanpa Biaya Mahal

Baking Soda
Saat karpet Anda terlihat kotor dan mengeluarkan bau tak sedap, baking soda bisa menjadi solusi yang tepat. Taburkan baking soda diatas permukaan karpet Anda, diamkan selama 30 menit sampai dengan satu jam. Lalu gunakan vacuum cleaner atau sapu untuk membersihkan baking soda dari karpet Anda. Karpet Anda akan bersih kembali dan bebas dari bau tak sedap.

Minyak Goreng
Nah kalau yang satu ini, bisa digunakan untuk membersihkan furnitur kayu di rumah Anda. Siapkan kain bersih dan berikan minyak goreng secukupnya, lalu gosok perlahan pada permukaan kayu. Usahakan untuk menggunakan kain berbahan halus seperti microfiber agar tidak merusak permukaan kayu. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali agar furnitur kayu Anda terlihat mengkilap dan menawan.

Selamat mencoba!