Saat ini terdapat banyak sekali pilihan investasi Indonesia, salah satu yang paling populer adalah berinvestasi di bidang properti. Banyak orang berpikir bahwa membeli sebuah unit apartemen yang belum jadi adalah pilihan terbaik. Namun Anda harus menunggu untuk waktu yang lama sampai proyek tersebut dibangun. Terlebih lagi, Anda akan sulit untuk memantaunya pada saat proyek tersebut dalam proses pembangunan.

Dengan uang yang sudah Anda keluarkan, tentunya Anda tidak ingin hal buruk menimpa Anda. Seperti penipuan yang marak terjadi dimana para konsumen yang harus rela kehilangan uangnya karena apartemen tidak kunjung dibangun oleh pengembang.

Semua investasi pasti memiliki resiko, tapi tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati sebelum membeli unit apartemen yang belum dibangun.

Jika Anda mencari investasi yang menguntungkan, membeli apartemen yang belum dibangun mungkin pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli apartemen yang sudah siap huni. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena harga yang meningkat.

Walaupun lebih menguntungkan, membeli apartemen yang belum dibangun juga memiliki resiko yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa resiko yang akan Anda hadapi dan solusinya.

Proyek Telat Dibangun / Tidak Dibangun

Hal yang paling ditakuti oleh para konsumen adalah pembangunan proyek yang tertunda atau resiko terburuknya adalah proyek tidak dibangun oleh pengembang. Hal ini tentunya akan menghabiskan waktu Anda untuk menempuh jalur hukum guna mendapatkan investasi Anda kembali.

Solusi: Pastikan Anda membeli properti dari pengembang yang terpercaya. Hindari membeli properti dari pengembang yang tidak memiliki proyek yang sudah siap huni. Jangan sungkan untuk meminta pengembang menandatangani penjanjian hitam diatas putih. Yang mencantumkan bahwa pengembang memiliki kewajiban untuk menyelesaikan pembangunan.

Baca Juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

Pengembang yang bertanggungjawab tentunya akan selalu memberikan Anda informasi mengenai proses pembangunan. Hal ini  membuktikan pengembang tersebut dapat dipercaya.

Properti Terlihat Berbeda dengan Brosur

Para investor dan konsumen tentunya mengharapkan proyek sesuai dengan yang tertera pada brosur. Baik itu denah, ukuran, maupun materialnya. Namun yang sering terjadi adalah unit yang sudah dibangun berbeda dengan yang sudah dijanjikan.

Solusi: Yang dapat Anda lakukan adalah melihat foto-foto proyek sebelumnya dari pengembang tersebut. Anda bisa mengeceknya melalui website atau brosur yang mereka gunakan untuk promosi. Setelah itu, Anda bisa datang ke proyek tersebut untuk melihat bentuk aslinya. Dengan begitu, Anda bisa melihat bagaimana hasil kerja dari pengembang tersebut.

Tidak Mendapatkan Unit yang Diinginkan

Unit apartemen yang belum dibangun pada umumnya akan selalu tersedia dan dapat dengan mudah Anda temukan pada pameran properti. Namun bukan berarti Anda pasti mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Sejumlah unit biasanya dijual pada periode presales dengan harga yang menarik. Apabila unit-unit tersebut sudah terjual, maka pihak pengambang akan menjual sisa unit lainnya dengan haga yang lebih mahal.

Solusi: Jika Anda sudah mengetahui proyek yang Anda inginkan, Dot Property Indonesia memiliki banyak pilihan apartemen dengan berbagai tipe dan ukuran. Apabila Anda sudah menemukan apartemen yang sesuai dengan kriteria Anda, Anda bisa langsung menghubungi nomor penjual atau pengiklan yang tertera pada masing-masing listing. Dan mereka akan segera menghubungi Anda.

Tertarik untuk berinvestasi properti? Klik di sini untuk memulai pencarian Anda sekarang!