Tips Menghemat Energi di Rumah

Tips Menghemat Energi di Rumah
Tips Menghemat Energi di Rumah

Banyak media yang menuliskan bagaimana pemanasan global telah meningkat pada tahap yang mengkhawatirkan dan semua ini merupakan akibat ulah manusia.

Ada penekanan yang kuat pada kehidupan yang berkelanjutan, bangunan-bangunan dibuat menjadi lebih hemat energi untuk memerangi pemanasan global.

Dengan begitu, kita semua memang sudah seharusnya ikut berperan penting dalam mengurangi konsumsi rumah tangga yang juga akan menghemat tagihan listrik Anda.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk meminimalkan konsumsi energi Anda dan menghemat biaya listrik Anda.

Bijak dalam Pengunaan AC

Cuaca yang panas memang membuat ketergantungan pada penggunaan AC.  Penggunaan AC inilah yang membuat tagihan listrik membengkak. Oleh karena itu,  pastikan AC Anda dibersihkan secara rutin.

Selain memberikan udara yang segar, hal ini juga menjadikan AC bekerja lebih efisien. Untuk penggunaan malam hari, jangan lupa untuk menggunakan timer untuk mematikannya secara otomatis pada saat Anda terbangun di pagi hari.

Perbarui Peralatan Lama

Membuang peralatan lama mungkin terdengar boros. Namun menggantinya dengan model yang baru akan membantu Anda menghemat energi. Banyak barang elektronik yang saat ini tersedia di pasaran dengan label hemat energi, tentunya juga aman dan mudah untuk digunakan.

Baca juga: Tips Mempercantik Dapur Tanpa Biaya Mahal

Dengan melakukan hal ini, maka tagihan listrik Anda akan berkurang setiap bulannya. Jangan khawatir, barang lama Anda bisa didaur ulang untuk penggunaan lainnya sehinga tidak menumpuk di rumah Anda.

Jaga Suhu Ruangan

Gorden dengan warna gelap dan bahan yang tebal akan melindungi ruangan Anda dari paparan sinar matahari. Pemilihan gorden yang tepat akan membantu suhu di ruangan Anda terjaga dan Anda tidak perlu menyalakan AC secara terus menerus.

Selain itu, Anda juga tidak akan terganggu oleh cahaya matahari yang masuk ke ruangan saat Anda ingin tidur lebih lama.

Gunakan Air Secukupnya

Air merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Banyak orang tidak terlalu memperhatikan bak mandi pada saat diisi. Cobalah untuk selalu mematikan mesin air setelah Anda selesai mengisi bak mandi.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan penampungan air. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk menghemat listrik. Karena mesin air yang baru dinyalakan akan membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan mesin yang hanya menyala apabila penampung air sudah kosong.

Manfaatkan Suhu Panas

Saat Anda menyalakan AC, manfaatkanlah suhu panas yang keluar dari outdoor unit Anda. Anda dapat menggunakan suhu panas tersebut untuk membantu mengeringkan pakaian-pakaian Anda dibandingan menggunakan alat pengering.